32 Anniversary "Eternal Nightmare" dan Sejarah Berdirinya, VIO-LENCE

Eternal Nightmare adalah album debut oleh band thrash metal San Francisco Bay Area Vio-lence.dirilis pada awal Juni 1988 oleh sublabel Mechanix MCA Records. Single promo terbatas dirilis hanya 10 ", dengan dua lagu 'Eternal Nightmare' dan 'Phobophobia'; dirilis cukup unik, dikemas dalam penutup plastik tertutup, berisi muntahan palsu. Tak lama kemudian, inovator thrash metal Slayer merilis single dalam format yang sama, tetapi dengan darah palsu dan band rock alternatif The Revolting Cocks merilis single dengan sperma palsu.

 Vio-lence hanya merilis tiga full album sampai saat ini setelah "Eternal Nightmare mereka merilis full album "Oppressing the Masses" tahun 1990 ddan 1993 mereka merilis "Nothing To Gain". Terakhir tahun 2006 mereka merilis double dvd "Blood & Dirt".

Vio-lence awalnya dibentuk dengan nama Death Penalty pada tahun 1985 yang mereka ubah menjadi Violence, dan kemudian logo dua tingkat dengan tanda penghubung memaksa perubahan nama menjadi bentuk permanen, Vio-lence.

Line up aslinya adalah Jerry Birr pada vokal, Phil Demmel dan Troy Fua pada gitar, Eddie Billy (saudara Chuck Billy dari Testament) pada bass, dan Perry Strickland pada drum. Line-up ini muncul di '86 Eastern Front: Live at Ruthie Inn 2LP kompilasi dengan lagu "Gutterslut". Eddie Billy cabut dari band dan digantikan oleh Dean Dell. Line-up ini merekam rekaman latihan yang dirilis sebagai demo.

Jerry Birr (kemudian muncul dalam Enemy Mind) digantikan oleh Sean Killian pada vokal dan band merekam demo resmi pertama mereka sebelum Troy Fua pergi dan digantikan oleh ex personil dan pendiri Forbidden, Evil Robb Flynn pada awal 1987.

Band ini merekam ulang semua lagu pada demo pertama mereka untuk yang kedua pada tahun 1988 dengan perubahan lirik kecil dan judul lagu baru untuk demo Mechanic Records pada tahun 1988. Label ini merilis debut mereka, Eternal Nightmare, akhir tahun itu dan ikut tur dengan Testament dan Sanctuary, dan kemudian tur lain dengan Voivod dan diikuti dengan rilisnya album kedua, Oppressing the Masses, pada tahun 1990.

Lagu "Torture Tactics" telah dihapus dari album karena mengandung konten lirik yang ofensif, tetapi kemudian dirilis sebagai judul lagu dari EP 1991. Tur lain, kali ini dengan Defiance, diikuti kemudain dengan rilisnya lbum ketiga, Nothing to Gain, direkam pada tahun 1991 tetapi masalah pada label rekaman menunda perilisannya.

Pada titik ini, Robb Flynn pergi dan membentuk Machine Head dan posisinya digantikan oleh Ray Vegas pada gitar, kemudian Perry Strickland digantikan oleh Mark Hernandez pada drum. Demo terakhir direkam pada tahun 1993 sebelum band bubar.

Vio-lence bersatu kembali untuk Thrash of the Titans, sebuah benefit untuk Chuck Billy dan Chuck Schuldiner, pada Agustus 2001. Susunan Killian, Demmel, Vegas, Dell, dan Strickland memainkan pertunjukan selama 64 menit, yang menyebabkan pertunjukan berlanjut di Bay Area. Ray Vegas digantikan oleh Troy Fua yang kembali dan untuk satu pertunjukan, Phil Demmel, yang tidak dapat hadir, digantikan oleh Steve Schmidt. Phil juga membantu Machine Head sebagai gitaris kedua untuk beberapa pertunjukan, dengan bassis Machine Head Adam Duce balas budi untuk manggung di pernikahan Dean Dell pada tahun 2002.

Band ini secara resmi berpisah karena Phil Demmel berkonsentrasi secara eksklusif pada Machine Head.

Sebuah reuni dekat Vio-Lence terjadi pada 20 Januari 2018 di The Midway di San Francisco untuk "Killian on Command: An Evening of Vio-Lence", yang diadakan sebagai keuntungan bagi Sean Killian, yang telah bertarung dengan penyakitnya sirosis hati tahap empat.

Pada 8 Januari 2019, Demmel mengumumkan di media sosial bahwa Vio-Lence telah berreformasi dan akan memainkan setidaknya satu pertunjukan di Oakland pada April itu.

 Kompilasi
- "Gutterslut" di Front Timur: Tinggal di Ruthie's Inn (Restless, 1986) (sebagai Violence)
- "Kill on Command" pada Heavy Hammer Hits IV (Teldec, 1990)
- "Dunia dalam Dunia" di Hard Hitters Vol. 8 (The Hard Report, 1990)
- "Officer Nice" di Foundations Forum '90 (Foundations Forum, 1990)
- "Nothing to Gain" di All Fired Up '94 (Pony Canyon, 1994) (sebagai Violence)
- "Liquid Courage" pada Rapaces - Experiment II (Cabbal Prod., 2002)

Comments