Mantan Bassist X JAPAN & LOUDNESS, Taiji Sawada Meninggal Dunia


Mantan bassist band heavy metal Jepang, X JAPAN dan juga sempat setahun di LOUDNESS(1992-1993), Taiji Sakada dikabarkan meninggal dunia dengan penyebab yang sejauh ini belum dapat dipastikan. Hanya saja website Wikipedia menulis kalau tanggal 11 Juli lalu Taiji ditangkap karena insiden mengganggu pramugari dalam pesawat perjalanan dari Jepang menuju Saipan.

Atas insiden tersebut, Taiji Sakada harus berhadapan dengan tuntutan federal Amerika. Namun tanggal 14 Juli, Taiji sempat dilarikan ke rumah sakit guna mendapat perawatan serius karena mencoba bunuh diri dengan menggantung diri.
Taiji Sakada resmi dikonfirmasi meninggal tanggal 17 Juli dalam usia 45 tahun. Bersama X JAPAN dia bergabung dari tahun 1985 hingga 1992 dengan merekam tiga album penuh sebelum akhirnya keluar dari band karena masalah perbedaan visi musik dengan anggota lain terutama mantan drummer X JAPAN, Yohsiki. Di masa tersebut merupakan era keemasan X JAPAN yang membuat band bentukan tahun 1982 tersebut tidak hanya terkenal di Jepang saja.
Setelah hengkang, Taiji Sawada kemudian bergabung ke band heavy metal Jepang lainnya, LOUDNESS di tahun 1992. Bersama LOUDNESS dia sempat merekam satu album dengan judul album yang sama dengan nama band, “Loudness“.
Selepas LOUDNESS kemudian Taiji turut membidani lahirnya DTR (DIRTY THRASH ROAD), sebuah band melodic heavy metal yang sempat merilis beberapa album penuh dan belakangan Taiji merilis band yang dikuasai secara personal dibawah bendera Taiji With Heavens dan sempat merilis satu mini album serta tampil di beberapa tempat di Jepang.
Agustus tahun lalu dia juga menjadi tamu spesial X JAPAN di Nissan Stadium di kota Tokyo yang menjadi tanda akhir konflik dirinya dengan Yoshiki.

Comments