Hari ini anniversary album Black Metal pertama dari Mayhem tentang kegelapan



Album De Mysteriis Dom Sathanas ini dirilis pada tanggal 24 Mei 1994 yg direkam di Grieg Hall-Bergen (Norwegia) dan diproduksi oleh Deathlike Silence serta diproduseri oleh Pytten, Euronymous dan Hellhammer. Sebelumnya Mayhem sudah merilis mini album saja di thn 1987 dgn judul Deathcrush dan inilah album pertama mereka yg sebenarnya dan album demo Pure Fucking Armageddon di thn 1986.
Sebenarnya yg banyak menulis lirik di album ini adalah vokalis Mayhem yg sebelumnya yaitu Dead dan ada beberapa lagu ditulisnya spt "Funeral Fog", "Freezing Moon", "Buried by Time and Dust" dan "Pagan Fears". Namun sayangnya Dead mati bunuh diri diusia muda karena dipengaruhi Euronymous di thn 1991. Euronymous akhirnya pindah ke band asal Hungaria yg dipimpin oleh Attila Csihar.
Lagu "Freezing Moon" yg cukup terkenal dan liriknya tentang vampir yg siap akan memangsa manusia. Lagu "Life Eternal" ini mengajak orang supaya lekas mati ato menyuruh orang bunuh diri. Lagu "Funeral Fog" ini tentang kabut yg gelap dan akan membunuh semua manusia yg ada disekitarnya. Lagu "De Mysteriis Dom Sathanas" ini tentang kepercayaan pagan yg bisa dikatakan seperti dukun hingga harus ada persyaratannya.
Riff2 gitar di album ini kebanyakan dikerjakan oleh Euronymous, meski ada juga dari Hellhammer dan Necrobutcher. Count Grishnackh alias Varg Vikernes dan Blackthorn mendatangi apartemen Euronymous di thn 1993 dan menikamnya hingga tewas. Count Grishnackh dan Blackthorn dipenjara dan di thn 2009 sebenarnya Count Grishnackh beserta Euronymous awalnya merencanakan akan meledakkan katedral/gereja karena ada bahan peledak di rumahnya.
Gambar cover album ini diambil dari bahasa Latin yg mengartikan tentang "About the Mystery of the Lord Satan" yg dibawahnya ada salah satu katedral di Norwegia. Majalah IGN menempatkan album ini di daftar 10 Great Black Metal Albums, majalah Loudwire menempatkan album ini diurutan 8 di Extreme Metal Album of All Time. Album ini ternyata memberikan pengaruh yg kuat buat musik Black Metal hingga dijuluki Most Influental Black Metal Albums of All Time. Ini album dgn formasi terbaik Mayhem, karena Count Grishnackh/Varg Vikernes keluar mendiriikan Burzum, lalu Dead dan Euronymous meninggal dunia.

Personil :
  • Attila Csihar (Vokalis), 
  • Euronymous (Gitaris), 
  • Count Grishnackh/Varg Vikernes (Bassis)
  • Hellhammer (Drummer)
  • Additional : Dead (Lirik), Blackthorn (Gitaris)

Track List :
Side A
1. Funeral Fog
2. Freezing Moon
3. Cursed In Eternity
4. Pagan Fears
Side B
1. Life Eternal
2. From The Dark Past
3. Buried By Time And Dust
4. De Mysteriis Dom Sathanas






Comments