Hari ini anniversary album Symphonic Power Metal dari Nightwish

Album Century Child ini dirilis pada tanggal 25 Mei 2002 yg direkam di Caverock dan Finnvox studio di Helsinki-Finlandia. Album ini diproduksi oleh Spinefarm, Drakkar, Century Media dan Toy's Factory Records serta diproduseri oleh Tuomas Holopainen, Tero Kinnunen dan Nightwish sendiri. Sebelum proses rekaman album ini, Nightwish memilih manajer baru yg bernama Ewo. Lalu tak lama kemudian Sami Vänskä keluar dari Nightwish di thn 2001 karena sering bertentangan hingga dia dikeluarkan dan digantikan oleh Marco Hietala (Tarot).
Di album ini juga terdapat unsur musik Power Metal dan ada beberapa lagu yg bagus spt "Bless the Child" ini sepertinya tentang orang yg sekarat dan akan menghadapi kematian. Lagu "Ever Dream" ini tentang lagu cinta dan katanya lagu ini diciptakan oleh Tuomas Holopainen yg ditujukan kepada Tarja Turunen. Lagu ini mendapatkam platinum di Finlandia dgn terjual sekitar 10.000 keping. Ada juga lagu daur ulang yg berjudul "The Phantom of the Opera" yg diciptakan oleh Andrew Lloyd Webber. Dan banyak yg mendaur ulang lagu itu yaitu Sarah Brightman, Steve Harley dll.
Di lagu "Beauty of the Beast" durasinya paling panjang yaitu 10 menitan ini liriknya diambil dari kisah dongeng legendaris dgn judul yg sama. Lagu "End of All Hope" ini diambil dari kisah tragedi yg dialami Hamlet yg merupakan cerita ciptaan William Shakespeare. Album ini menjadi juara di Finlandia, urutan 5 di Jerman, urutan 32 di Perancis dan urutan 41 di Belanda. Album ini meraih 2x platinum di Finlandia yg terjual sekitar 60.000 keping. Album ini terjual sekitar 350.000 keping diseluruh dunia.
Personil : 
Tarja Turunen (Vokalis),
Emppu Vuorinen (Gitaris),
Marco Hietala (Bassis),
Jukka Nevalainen (Drummer/Perkusi)
Tuomas Holopainen (Keyboardis)
Track List :
1. Bless The Child
2. End Of All Hope
3. Dead To The World
4. Ever Dream
5. Slaying The Dreamer
6. Forever Yours
7. Ocean Soul
8. Feel For You
9. The Phantom Of The Opera
10. Beauty Of The Beast
I. Long Lost Love
II. One More Night To Live
III. Christabel

Comments