DEMONAZ dan HORGH - IMMORTAL Berebut Hak Atas Nama Band

Personil IMMORTAL Harald "Demonaz" Nævdal dan Reidar "Horgh" Horghagen terlibat dalam sengketa hukum tentang hak atas nama band.

Salah satu band scene black metal pertama dan paling sukses di Norwegia, IMMORTAL dibentuk oleh Demonaz dan Olve "Abbath" Eikemo pada tahun 1990. Horgh bergabung dengan band itu pada tahun 1996. Enam tahun lalu, Abbath dan anggota band lainnya mengalami perpisahan yang pahit.

Pertarungan hukum yang dipublikasikan pada tahun 2014 tentang hak atas nama IMMORTAL ,  Abbath melawan Demonaz dan Horgh, dengan Abbath mengklaim mereka berdua untuk meninggalkan IMMORTAL setelah mereka memindahkan perlengkapan mereka keluar dari ruang latihan band. akan tetapi sistem pengadilan Norwegia menentukan sebaliknya, dan memberikan nama IMMORTAL kepada Demonaz dan Horgh.

Menurut dokumen yang ditemukan oleh VG Norwegia, konflik baru telah muncul antara dua anggota IMMORTAL yang tersisa, dengan Demonaz mendaftarkan IMMORTAL di Norwegian Patent Office (kantor Hak Paten) sebagai merek dagang eksklusifnya pada Juli 2019. Registrasi disetujui, dan oleh karena itu ia diberikan hak eksklusif. untuk menggunakan nama band secara komersial. Namun, Horgh memilih untuk mengajukan banding atas pendaftaran tersebut, dan masalah ini diputuskan untuknya, artinya Demonaz tidak lagi memiliki hak eksklusif untuk nama IMMORTAL.

Horgh mengatakan kepada VG Norwegia bahwa dia tidak memiliki pengetahuan sebelumnya tentang pendaftaran yang dibuat oleh Demonaz.

"Tidak pernah terpikir oleh saya untuk mendaftarkan merek dagang sendiri, seperti yang dilakukan Nævdal di sini, tetapi saya mendapati diri saya harus berjuang untuk mempertahankan hak-hak yang saya peroleh melalui karier yang panjang di band ini," katanya. "Memang ini dan bagaimanapun juga sudah bertahun-tahun, sebagian besar merupakan penghidupan saya."

Demonaz mengatakan kepada VG bahwa dia tidak setuju dengan keputusan itu, menunjukkan bahwa dia adalah "satu-satunya anggota asli band yang tersisa. Saya juga satu-satunya personil yang telah berada di semua rilisan band," katanya.

Kantor Hak Paten Norwegia memutuskan bahwa hak atas nama IMMORTAL adalah milik band secara keseluruhan, dan bukan milik masing-masing anggota.

"Kami bersama-sama sebagai band yang membangun merek dagang IMMORTAL, dan oleh karena itu benar bahwa merek dagang tersebut harus merupakan kepemilikan bersama," kata Horgh.

Drummer ini melanjutkan dengan mengatakan bahwa ia berharap IMMORTAL dapat tampil live lagi.

"Sudah menjadi tujuan saya, dan saya tahu bahwa ini adalah sesuatu yang diinginkan oleh penggemar IMMORTAL dan telah lama menunggu," katanya. "Saya berharap dalam jangka panjang kita bisa mengatur ketidaksetujuan ini di belakang kita, dan kembali melihat ke depan sebagai sebuah band."

Album pertama IMMORTAL tanpa Abbath, "Northern Chaos Gods", dirilis pada Juli 2018 melalui label Nuclear Blast.

Dua bulan lalu, Abbath mengatakan kepada surat kabar Norwegia Dagbladet  bahwa ia tidak menentang reuni IMMORTAL.

"Aku mendapat pesan dari Horgh dan ini luar biasa dan aku bisa tenang," katanya. "Harald dan aku belum bicara sama sekali. Tapi tidak ada darah iblis atau kepahitan di pihakku lagi. Aku menyadari bahwa aku adalah bagian dari masalah. Sekarang semuanya baik-baik saja. Tapi apakah aku terbuka untuk reuni IMMORTAL? Ya, tentu saja. Tapi itu harus menjadi sesuatu yang istimewa. Saya hanya berharap kita bisa duduk dan berbicara tentang hal-hal ketika semuanya pergi ke neraka, daripada melibatkan pengacara. "

Abbath dulu menikah dengan saudara perempuan Demonaz, dan mereka memiliki seorang putra, Torbjørn.

Abbath sekarang adalah vokalis band senama, yang merilis album keduanya, "Outstrider", pada Juli 2019 melalui Season Of Mist.

Comments