Delapan Tahun Vakum, Festival Metal Legendaris Bandung Berisik Digelar Lagi



Setelah delapan tahun lelap tertidur, sebuah acara musik bawah tanah asal Bandung yang tergolong ikonis, Bandung Berisik, akan kembali digelar untuk yang kelima kalinya pada hari Sabtu, 11 Juni 2011 mendatang di Lapangan Brigif, Cimahi, Jawa Barat.

Gio, selaku direktur dari event organizer Atap Promotions, ketika dihubungi Rolling Stonemengatakan bahwa absennya Bandung Berisik dalam meramaikan dunia pertunjukkan Indonesia disebabkan oleh pencarian momen yang tepat. Selain itu, Gio juga menyatakan adanya perbedaan konsep yang membutuhkan waktu setengah tahun untuk dirancang.

“Kalau Bandung Berisik sebelumnya lebih berkonsep sebagai konser, Bandung Berisik tahun ini lebih bersifat sebagai festival. Ada activity booth dari distro-distro, makanan, dan masih banyak lagi,” jelas Gio.

Atap Promotions sendiri turut membantu mengadakan Bandung Berisik setelah komunitas musik metal Bandung, Ujungberung Rebels, yang juga merupakan penggagas acara ini mengajak event organizer tersebut untuk bekerja sama guna menggali konsep dan mengeksplorasi gimmicks yang dapat diwujudkan.

Salah satu hasil penggalian dan eksplorasi tersebut, selain pergantian konsep, adalah sebuah kompetisi band yang penilaiannya dilakukan dengan sistem voting secara online di situs resmi Bandung Berisik.

Sebelumnya, Bandung Berisik hanya mengadakan audisi studio untuk posisi yang disediakan untuk band baru dan hal ini diakui Gio menjadi sangat tertutup bagi band-band yang berdomisili di luar Bandung. Dengan diadakannya sistem voting secara online ini, Gio berharap bahwa band-band dari luar Bandung mendapatkan kemudahan untuk dapat ikut serta.

68 band yang telah terdaftar dalam kompetisi tahun ini akan memperebutkan satu posisi kosong dalam line upBandung Berisik. Saat ini, Last Redemption menempati posisi teratas dengan 1,478 voters. Suicide Maya berada tidak jauh di belakang dengan 1,440 voters.

Berbicara soal line up, selain satu posisi kosong yang diperebutkan dalam kompetisi band, Gio menyebutkan bahwa terdapat 22 band metal dalam negeri papan atas yang sudah dipastikan akan memeriahkan festival ini, di antaranya adalah Burgerkill, Jasad, Seringai (Jakarta), Forgotten, Komunal, Jeruji, Cranial Incisored (Yogyakarta), dan Infamy.

Harga tiket dari acara ini terbagi menjadi tiga, yaitu presale 1 seharga Rp 25 ribu yang dapat dilakukan secaraonline dan dibatasi untuk hanya 1.000 pembeli, presale 2 seharga Rp 30 ribu yang dapat dilakukan dengan mendatangi distro-distro rekanan Bandung Berisik, dan on the spot seharga Rp 50 ribu.

Sebelumnya, Bandung Berisik I diadakan pada 1995 di Lapangan Kalimas, Ujungberung, Bandung Berisik II dan III pada 1997 dan 2002 di GOR Saparua, Bandung, serta terakhir Bandung Berisik IV pada 2003 di Stadion Persib, yang tercatat oleh Time Asia sebagai pergelaran musik bawah tanah terbesar di Asia yang didatangi oleh kurang lebih 25 ribu penonton. (RS/RS)


Sumber : rollingstone indonesia

Comments