Gitar Kurt Cobain "MTV Unplugged" terjual seharga $6 Million melalui lelang

Acara lelang musik selama dua hari Julien's Auctions' "Music Icons" memuncak dalam penjualan rekor dunia dari salah satu gitar paling terkenal dan penting dalam sejarah rock 'n' roll: gitar akustik-electrik yang dimainkan oleh Kurt Cobain saat live di "MTV Unplugged" yang memang diakui oleh NIRVANA juga.

Instrumen legendaris yang dimainkan oleh salah satu musisi dan ikon rock paling berpengaruh di salah satu pertunjukan live terbesar dan paling berkesan sepanjang masa dijual seharga $ 6.010.000 juta dolar atau setara 85 miliar , jauh melampaui perkiraan semula satu juta dolar AS. Penjualan tersebut menetapkan lima rekor dunia baru untuk gitar termahal di dunia. Ini menjadikannya salah satu gitar akustik paling langka dan paling berharga di dunia. Pembelinya adalah Peter Freedman, pendiri RØDE Microphones, yang menghadiri lelang langsung di Beverly Hills dan berhasil memenangkan gitar dalam perang penawaran di antara para kolektor dan penawar di seluruh dunia yang berpartisipasi langsung,online, dan di telepon.

Freedman berencana untuk menampilkan gitar ini dalam tur pamerannya di seluruh dunia yang akan diadakan di galeri dan ruang seni terkemuka, dengan semua pendapatan (termasuk gitar) akan disumbangakan kepada para musisi dan perforrming arts

"Ketika saya mendengar bahwa gitar ikonik ini siap untuk dilelang," kata Freedman, "Saya segera tahu itu adalah kesempatan sekali seumur hidup untuk mendapatkannya dan menggunakannya sebagai sarana untuk menyoroti perjuangan yang dilakukan oleh mereka yang tampil di bidang seni sedang merka hadapi dan selalu kita hadapi. "

Dia melanjutkan: "Industri seni global telah hancur oleh dampak COVID-19, dengan musisi dan seniman menjadi yang paling terpengaruh. Beberapa bulan terakhir adalah the straw that broke the camel's back (
menyinggung pepatah "itu adalah sedotan terakhir yang mematahkan punggung unta"menggambarkan tindakan yang tampaknya kecil atau rutin yang menyebabkan reaksi besar dan tiba-tiba yang tak terduga, karena efek kumulatif tindakan kecil), dan bagi banyak orang di bidang seni muncul kenyataan pahit bahwa mereka bekerja di industri yang hanya memiliki sedikit dukungan di saat dibutuhkan.

"Bagi sebagian besar, akses ke layanan keuangan dan kesehatan - khususnya layanan kesehatan mental - sangat terbatas. Sementara banyak industri secara bertahap kembali normal, itu akan memakan waktu lama sebelum industri ini dapat mulai berfungsi seperti semula. korban akan terus naik sangat besar dan membutuhkan lebih dari sekedar basa-basi. Itu membutuhkan tindakan sekarang, dan
saya salah seorang yang bertindak. "

Dalam rekaman langsung untuk seri "MTV Unplugged" yang populer pada 18 November 1993, sekitar lima bulan sebelum kematiannya, Cobain memilih gitar apa yang disebut Rolling Stone "his last self-portrait(potret dirinya yang terakhir)." Pertunjukan akustik NIRVANA malam itu menghasilkan salah satu album live terbesar sepanjang masa, "MTV Unplugged In New York", dengan rekaman versi lagu-lagu NIRVANA yang paling terkenal dan paling menentukan. Multi-platinum "MTV Unplugged In New York" memulai debutnya di nomor satu di tangga lagu AS Billboard dan memenangkan Grammy Award untuk "Album Musik Alternatif Terbaik" pada tahun 1996.

"'Unplugged' NIRVANA adalah salah satu catatan favorit saya sepanjang masa," kata Freedman, "dan  salah satu pertunjukan live terbaik yang pernah direkam . Mereka adalah pengaruh besar bagi saya; awal tahun 90-an adalah tahun-tahun pembentukan RØDE, dan musik NIRVANA menjadi soundtrack untuk masa itu dalam hidup saya dan era perusahaan itu. "

Gitar ini adalah yang ketujuh dari hanya 302 D-18Es yang dibuat oleh Martin dan dikustomisasi oleh Cobain yang menambahkan pickup Bartolini ke soundhole. Yang mendampingi penjualan gitar ini adalah kotak hard-shell aslinya yang dicustom oleh Cobain dengan selebaran dari band punk rock album POISON IDEA tahun 1990 "Feel The Darkness", tiga karcis tiket klaim bagasi, stiker Fragile Alaska Airlines yang ditempelkan pada kasing, satu set parsial string gitar Martin & Co. Phospher Bronze, tiga pick gitar Dunlop 60mm, dan sebuah kantong beludru hitam kecil berisi pisau silvertone mini, garpu, dan spoon lapel pins masing-masing dengan pinback.

Lelang Julien ini telah memecahkan rekor dunia dengan penjualan memorabilia Kurt Cobain, termasuk kardigan Cobain yang dikenakan pada "MTV Unplugged", yang dijual dengan harga $ 334.000, gitar Fender Mustang saat
tur "In Utero" nya yang dijual seharga $ 340.000, cardigannya dikenakan pada pemotretan terakhir yang dijual seharga $ 75.000 dan daftar set piring kertas NIRVANA ditulis dalam tulisan tangan Cobain yang dijual dengan rekor $ 22.400.

Video lelang gitar "MTV Unplugged" dapat dilihat di bawah ini.
Barang-barang NIRVANA lain yang dijual di lelang termasuk poster "Nevermind" yang ditandatangani ($ 56.250); kamera, negatif asli dan cetakan asli yang ditandatangani, dan hak cipta dari pemotretan majalah SPIN 1992 NIRVANA ($ 35.200); dan
all akses tag NIRVANA (masing-masing $ 512)

Comments