30th Anniversary Album "Deicide" dan Sejarah Singkat Terbentuknya DEICIDE

"Deicide" adalah album debut band death metal dari Amerika, Deicide. Album ini dirilis pada 25 Juni 1990, oleh Roadrunner Records. Album ini berisi semua lagu demo mereka, ditambah lagu baru "Deicide" dan "Mephistopheles".
Sebagian besar tema lirik tentang setan atau menghujat, seperti "Lunatic of God's Creation" dan "Carnage in the the Temple of the Damned" masing-masing berhubungan dengan Charles Manson dan Jim Jones, dan "Dead by Dawn" berkaitan dengan plot film horor 1981, The Evil Dead.

"Dead by Dawn" ditampilkan dalam video game 2009 Grand Theft Auto IV: The Lost and Damned di stasiun radio Liberty City Hardcore.

Deicide dianggap sebagai album death metal terlaris sepanjang masa. Nielsen SoundScan (SoundScan adalah metode pelacakan penjualan produk musik dan video musik di seluruh Amerika Serikat dan Kanada) menepatkan album ini di posisi kedua setelah Covenant-nya morbid Angel hingga 2003; namun, Deicide dirilis sebelum SoundScan ada, sehingga figur SoundScan tidak memiliki penjualan pra-Soundscan.

Glen Benton menyatakan bahwa tidak ada efek yang digunakan pada vokalnya saat merekam album, meskipun beberapa lagu mengandung efek vokal pitch-shifted.

Album ini direkam di Morrisound Studios di Tampa, Florida, di mana Deicide akan merekam sebagian besar karya mereka selanjutnya.
Tracklist
Lunatic Of God's Creation 2:40
Sacrificial Suicide 2:51
Oblivious To Evil 2:41
Dead By Dawn 3:56
Blaspherereion 4:14
Deicide 4:01
Carnage In The Temple Of The Damned 3:33
Mephistopheles 3:34
Day Of Darkness 2:05
Crucifixation 3:55

Lineup
Glen Benton Bass, Vocals, Lyrics
Eric Hoffman Guitars (lead)
Brian Hoffman Guitars (lead)
Steve Asheim Drumsv



Band ini awalnya bernama Amon, dan merekam dua demo dengan nama ini, yang kemudian dirilis dalam CD sebagai Amon: Feasting the Beast. Mereka mengubah nama menjadi Deicide pada akhir 1989, sesaat sebelum rekaman debut self-titled. Ini dilakukan atas desakan label mereka saat itu, Roadrunner Records, karena ada lagu berjudul "'Amon' Milik 'Mereka'" di album King Diamond, Conspiracy.

Deicide:
De "i * cide, n. [L. deicida a deicide (dalam arti 2); deus god + c [ae] harus memotong, membunuh: lih. F. d ​​['e] icide.]
1. Tindakan membunuh makhluk yang memiliki sifat ilahi; khususnya, penyaliban Yesus Kristus. [R.]
Bumi dinajiskan, namun diberkati, dengan deicide. --Sebelumnya.
2. Seseorang yang peduli untuk membunuh Kristus.

Pada awal band terbentuk dan tampaknya menunjukkan betapa dia membenci Kristen, Glen Benton mencap salib terbalik ke dahinya hanya menggunakan gantungan baju yang dipanaskan hingga membara. Setelah tujuh kali menanamkan salib terbalik berwarna merah panas ke kulitnya, ia telah membentuk bekas luka berbetuk salib terbalik.

Pada tanggal 25 November 2004, Glen Benton secara resmi menyatakan bahwa Hoffman bersaudara tidak lagi berada di band karena mereka membatalkan dan meninggalkan banyak pertunjukan, di antaranya ada masalah pribadi lainnya. Alasan utama saudara-saudara pergi sebenarnya adalah perubahan persentase royalti antara band. Sebelumnya, bahkan ada perpecahan empat arah. Di bawah perjanjian baru, keluarga Hoffman berhak mendapat bagian yang jauh lebih kecil dari keuntungan (dengan sebanyak 50% diberikan ke Benton). The Hoffmans sejak itu memulai sebuah band baru, menggunakan nama asli Deicide, Amon.

Jack Owen, yang baru keluar dari Cannibal Corpse dan Dave Suzuki, yang telah bekerja dengan Benton di Vital Remains datang untuk membantu Deicide dalam tur. Owen tetap bertahan, tetapi tempat Suzuki diambil oleh Ralph Santolla untuk rekaman album "The Stench of Redemption". Glen Benton melewatkan seluruh tur Eropa untuk album ini karena dia harus menghadiri kasus pengadilan berkaitan dengan masalah perkawinan / tahanan; tur tetap dilakukan dengan bantuan dari beberapa player additional. Seth Van De Loo (yang bermain drum untuk Severe Torture) menjadi vokalis pada empat tanggal pertama tur karena Benton memberikan keputusan sangat mendesak untuk tidak bepergian. Mereka memainkan pertunjukan ini tanpa pemain bass. Garbathy "Yaha" dari Dissenter kemudian dibawa sebagai bassis / vokalis pengganti untuk tanggal yang tersisa. Jack Owen juga menjadi vokal utama pada beberapa lagu di tur ini. Tur ini jelas kontroversial karna diantaranya ada dua tur Eropa yang dibatalkan pada menit terakhir pada 1990-an.

Ralph Santolla secara resmi meninggalkan Deicide pada 2007, tetapi tampil di "Till Death Do Us Part" sebagai musisi session. Steve Asheim juga berkontribusi sebagai gitar player di album ini untuk pertama kalinya. Kevin Quirion, yang bermain dengan Steve Asheim di Council of the Fallen / Order of Ennead, bergabung dengan Deicide pada 2008 sebagai pengganti Santolla saat tur. Santolla sempat kembali pada tahun 2009, tetapi segera pergi lagi dan Quirion bergabung sebagai anggota tetap pada bulan Juli tahun itu.

Pada tahun 1992, ketika Gorefest menjadi opening untuk Deicide di Stockholm, sebuah bom meledak di luar pintu darurat di belakang panggung mereka (yang berada di lantai lima bangunan), menyebabkan kerusakan struktural yang luas pada pintu dan dinding. Beberapa orang berpikir bahwa Gorefest, sebuah band yang secara politis, diserang oleh orang-orang yang terlibat dalam scene black metal, tetapi pada kenyataannya bom itu ditanam oleh Animal Militia, kelompok pro-hewan yang berbasis di Inggris, yang ditujukan untuk Deicide malam itu . Glen Benton sebelumnya telah menerima ancaman kematian karena sikapnya terhadap hewan kecil yang dimutilasinya dan sesudahnya menerima surat lain yang mengatakan bahwa  "Stockholm was just a taste of what is to come".

Glen Benton juga telah melakukan backing vokal untuk band-band berikut:

- Pada lagu "Hung, Drawn and Quartered" oleh Cancer di album Death Shall Rise
- Untuk Napalm Death pada lagu "Unfit Earth" di album Harmony Corruption
- Dan untuk Cannibal Corpse pada lagu "Mangled" dan "A Skull Full of Maggots" dari album Eaten Back to Life dan "Vomit the Soul" dari album Butchered at Birth.

Pada 2007, Steve Asheim ditangkap dan ditahan dan diinterogasi polisi di Austria karena menyerahkan uang kepada teller bank yang dipenuhi tinta merah. Polisi percaya dia terlibat dalam perampokan bank baru-baru ini, jadi dia dibawa masuk. Setelah berjam-jam ditanyai, ditemukan bahwa pena merah bocor di sakunya, menodai uang. Asheim dibebaskan tanpa pernyataan lebih lanjut.

Kompilasi :
- "Dead by Dawn" on At Death's Door (Roadrunner / R / C, 1990).
- "Dead But Dreaming" di Headbangers Club - Heavy Metal Hits (Roadrunner, 1992).
- "Repent to Die" pada Roadrunner Records,Songs of Pain(Roadrunner, 1992).
- "Inside My Head (Feat. Rob Barret)" di F.T.W. If It Can't Take A Joke: A Tribute to the Dayglo Abortions (Thought Crimes MFG, 2019).

Comments