Reaksi Dave Lombardo, Kerry King, Gary Holt Atas Meninggalnya Jeff Hanneman



Personil SLAYER dan orang-orang yang dekat dengan band ini memberikan reaksi atas kepergian gitaris Jeff Hanneman. Dave Lombardo dan Gary Holt adalah dua sosok yang bersuara mengungkapkan rasa kehilangan mereka. Sementara dalam ajang Revolver Golden Gods Awards yang digelar Kamis malam 2 Mei 2013 di Los Angeles, Amerika Serikat, Kerry King mengajak para penonton untuk melakukan ‘moment of noise’ untuk mengenang Jeff Hanneman.

Dave Lombardo mengungkapkan rasa dukanya melalui Twitter beberapa jam setelah Jeff Hanneman diberitakan meninggal dunia. Aku sangat-sangat sedih. Shock dan tak bisa berkata-kata. Susah rasanya menuliskan apa yang kurasakan sekarang. Simpatiku kepada Kathy Hanneman.” Tulis Dave Lombardo melalui Twitternya. Kathy adalah istri Jeff Hanneman. 
Perasaan yang sama juga dirasakan oleh Gary Holt, gitaris yang menjadi pengganti sementara Jeff Hanneman di SLAYER sejak tahun 2011. Gary termasuk orang yang sempat tak percaya ketika mendengar berita Jeff meninggal dunia.  “Berita tentang kematian Jeff kemarin terasa seperti berton-ton batu bata yang jatuh menimpaku. Sangat menyedihkan. Itu yang kurasakan sekarang. Shock adalah kondisi yang tepat untuk menggambarkan apa yang kurasakan.” Katanya. Gary lalu menceritakan sebuah kisah masa lalu mereka.

“Teman lamaku, kita pernah punya masa-masa luar biasa dengan show-show dan tur yang hebat [Venom, SLAYER, Exodus] Para thrasher muda dan lapar, melumat segalanya, menikmati saat-saat terbaik kala itu. Itulah alasan kenapa kita bermain musik.” 

“Sebuah kehormatan bagiku mencoba melakukan yang terbaik dalam memainkan lagu-lagumu. Hanya ada satu Jeff Hanneman. Aku berharap bisa memainkan lagu-lagumu dengan keyakinan seperti ketika kau menulis dan memainkannya”  

Di tempat lain, dalam ajang Revolver Golden Gods Awards yang diadakan pada Kamis malam 2 Mei 2013 di Club Nokia, Los Angeles, AS. Kerry King berucap di hadapan kerumunan penonton yang menghadiri acara itu. 

“Apa aku harus mengheningkan cipta? Tidak. Ini [acara] Golden Gods. Jeff Hanneman, dia bermain untuk SLAYER. Dia tak ingin hening cipta [moment of silence]. Dia ingin ‘moment of noise’. Ayo kita angkat dan kepalkan tangan untuk saudara kita yang telah pergi.” Kata Kerry. 

Meski ucapan Kerry direspon dengan teriakan ‘noise’ penonton, namun reaksi berbeda muncul di internet. Kerry dianggap kurang peka atas kepergian Jeff dengan kata-katanya itu. Namun sebagai seorang teman lama, rasanya tak mungkin Kerry tak merasa kehilangan atas kematian Jeff. Kerry mungkin hanya ingin menunjukkan dengan caranya sendiri dalam merespon kepergian Jeff.  
Dalam acara yang sama malam itu juga tampil sebuah kolaborasi dadakan yang langka untuk memberikan tribute kepada Jeff Hanneman. Phil Anselmo dan Rex Brown, keduanya merupakan ex-personil Pantera, bergabung bersama Anthrax di atas panggung membawakan lagu “This Love” milik Pantera yang disusul dengan intro lagu “Raining Blood” milik SLAYER. “Raining blood! Rest In Peace Jeff Hanneman. We love you, man.” Ucap Phil Anselmo di akhir rangkaian lagu.

Comments