Demo-Demo Lawas Pap Smear Dan Slayer Dengan Vokal Jeff Hanneman



Jeff Hanneman dikenal sebagai salah satu personil SLAYER yang cukup produktif menulis lagu. Beberapa lagunya menjadi andalan SLAYER setiap kali tampil di hadapan para fansnya. Ada satu hal lagi yang mungkin tidak banyak diketahui orang. Selain pandai bermain gitar, Jeff juga ternyata bisa menjadi vokalis.

Vokalis? Yup, benar. Jeff memang tak pernah menyanyi di album-album SLAYER. Itu tugas Tom Araya dengan vokal ganasnya.

Tapi Jeff Hanneman menunjukkan kapabilitas vokalnya lewat demo-demo lagu SLAYER yang dibuatnya. SLAYER memang punya kebiasaan membuat lagu menggunakan demo. Personil yang memiliki lagu baru akan merekamnya dalam bentuk demo dengan menggunakan drum machine. Setelah itu lagu akan ditunjukkan kepada personil lainnya untuk digarap dan ditata bareng.  
Dengan cara itulah Jeff Hanneman membuat embrio lagu-lagu seperti “Angel Of Death”, “Spill The Blood”  dan “South Of Heaven”. Di beberapa lagu dia terdengar menyanyikan lirik dan nada yang masih mentah. Lagu lainnya hanya berisi instrumental tanpa vokal. Versi-versi demo ini sangat berbeda dibandingkan dengan versi album yang sudah biasa kita dengarkan sekarang. Namanya juga masih embrio.

Kemampuan vokal Jeff bukan hanya bisa disimak dari demo-demo bikinannya untuk SLAYER, tapi juga dalam demo rekaman Pap Smear. Pap Smear adalah project musik sampingan bernafas punk yang sempat dibentuk oleh Jeff, Dave Lombardo dan Rocky George [gitaris Suicidal Tendencies] pada dekade 80an.

Meski project musik Pap Smear ini tak pernah berlanjut karena Rick Rubin, produser SLAYER saat itu menyarankan Jeff untuk tidak melakukan project sampingan, namun Pap Smear sempat merekam demo yang memuat vokal Jeff. Terasa sekali pengaruh punk dalam demo Pap Smear. Dalam beberapa kesempatan Jeff Hanneman memang mengakui dia juga terpengaruh oleh punk rock.
Sebelumnya sempat muncul dugaan bahwa ini demo-demo ini palsu atau diragukan keabsahannya. Namun nampaknya dugaan itu kini terkikis, apalagi untuk demo Pap Smear. Fans sejati SLAYER akan menemui nada-nada familiar di demo ini yang di kemudian hari digunakan oleh Jeff di album cover version SLAYER “Undisputed Attitude” [1996].


Comments