DEEDS OF FLESH - OF WHAT’S TO COME (2008)



Tracklist:
1. Waters of Space
2. Eradication Pods
3. Unearthly Invent
4. Of What’s To Come
5. Virvum
6. Century of the Vital
7. Harvest Temples
8. Dawn of the Next
9. Infecting Them With Falsehood

Time : 41.55

Line Up:
Erick Lindmark - Guitars/ Vocals
Sean Southern - Guitars
Erlend Caspersen - Bass
Mike Hamilton - Drum


Genre : TECHNICAL BRUTAL DEATH


1. “Waters of Space” Dibuka dengan intro yang sangat menarik perhatian saya, seakan saya langsung saja mengambil kesimpulan bahwa album ini adalah “sesuatu”. Kemudian pada menit 00.54 s/d 01.20 masuk satu lead gitar yang menyayat hati, dilanjutkan dengan narasi sbb:

(In the wake of what's to come, more than one oracle in history point to a single date. We are the last generation to exist before the war. An ancient culture has predicted the date without any form of denial or doubt.) –sekejap saya langsung teringat akan paparan Riki tentang Diminishing Between Worlds-Decrepit Birth yang membawakan tema tentang macro cosmos…apakah kali ini Deeds of Flesh (DoF) mengambil kiblat yang serupa..? Akan kita cari tau…

Menit 01.38 DoF muncul dengan ciri khas-nya dengan riff2 gitar yang berat dan cepat disertai dengan ketukan drum yang sudah familiar di dengar. Vocal Erick adalah salah satu yang saya sukai….powerfull. Menit 04.07 s/d 04.30 adalah show-off masing2 dari Erlend, Sean dan Erick. Rekan2…..ini album yang akan sangat berbeda dari album2 sebelumnya DoF!!!!

2. “Eradication Pods” Keren!!! Riff2 gitar adalah menjadi roh bagi DoF, sampai track kedua ini riff adalah masih dominan sekali..fokus akan terpaku kepada dua sosok di belakang gitar, berbeda dengan band brutal lain yang biasanya menyedot atensi saya adalah permainan drum. DoF berhasil membalikkan pola kebiasaan saya.

3. “Unearthly Invent” Track ini adalah track yang progresif bagi saya….dengan menampilkan berbagai macam tempo. Riff2 ala DoF, sisipan2 permainan gitar yang teknikal dan kompleks, sisipan groove2 yang cukup mengundang kepala kita banging dan adanya tempo yang cukup pelan untuk menampilkan permainan lead gitar. Pamer…tapi pantas!!

4. “Of What’s To Come” Track dengan ciri yang kuat dari DoF lama disisipi dengan beberapa unsur teknikal gitar d sana sini dan disokong dengan petikan bass Erlend. Blasting drum, sentuhan2 cymbal dengan double pedal yang tidak berhenti-henti dan olah vocal Erick yang sangar…indah…..

5. ”Virvum” Track ini dibuka dengan sedikit keruwetan yang ditampilkan pada teknik gitarnya dan dengan petikan2 bass. Dan mulai pada 00.25 DoF kembali memunculkan ciri khas DoF seperti yang saya dengar sewaktu Gradually Melted dan Trading Pieces. DoF pada waktu tersebut adalah sebuah kemasan yang sangat Solid…Solid Brutal Death Metal….Deranged dengan Rated X-nya adalah suatu keributan….DoF dengan Trading Pieces-nya adalah angin ribut yang berat pada saat itu.

6. “Century of the Vital” Track ini sepertinya adalah hasil pencarian DoF selama ini dalam menentukan pattern yang akan mereka usung. Album2 sebelumnya (selain Gradually Melted dan Inbreeding…) sepertinya Erick masih ngambang…tidak mendapatkan konsep yang pas….terus terang album2 tersebut hanya sebentar berada di player saya, bahkan ada yang saya dengar cuman 3 track habis itu tidak diputar lagi. Pada track ini DoF berusaha menyeimbangkan antara konsep lama mereka dengan konsep modern….dan mereka cukup berhasil…berhasil dalam pengertian saya adalah ketika pertama kali mendengar saya akan mengulang dan mengulang lagi mendengarkannya. Hal ini sudah terjadi dalam hampir sebulan ini, Of What’s to Come adalah album yang saya dengar setiap hari dalam sebulan ini.

7. “Harvest Temples” Berhubung saya adalah speed oriented maka track ini adalah track favorit karena tempo-nya sedikit diatas track yang lain. Riff2, ketukan drum dan olah vocal yang di mainkan dalam tempo cepat. Benar2 sebuah karakter yang kuat dari DoF dimunculkan disini…Solid Brutal Death Metal dengan (lagi2) sisipan teknikal gitar dan bass. Groove..? tentunya juga disisip-kan. Sebuah penyegaran ditengah-tengah serbuan dari band teknikal lain…Track ini adalah Orisinil!!!

8. “Dawn of the Next” Hmm…saya sangat suka dengan olah kata Erick di track ini dan pada menit 02.05 s/d 02.28 Erlend melihatkan dominasi petikan jari pada senar bass-nya. Gantian 03.27 s/d 03.41 Sean yang menampilkan kemauan dia bermain olah jari.

9. “Infecting Them With Falsehood” Track yang juga sangat kental dengan aroma DoF lama…beat yang dihasilkan dari ketukan drum dan riff gitar sudah menjadi trademark DoF…tidak banyak konsep2 yang baru pada track ini, mengingatkan kembali pada era Trading Pieces. Saya sampai saat ini masih belum mendengarkan Diminishing Between Worlds (what a shame!!) cuman dari sepintas mempelajari tema yang diusung, untuk menjawab pertanyaan pada nomor 1 di atas, sepertinya DoF bercerita bagaimana melihat ras manusia dari sisi universe….ga tau bner apa ga (saya rupanya bukan analis yang baik).


Untuk album Of What’s to Come Deeds of Flesh benar2 menawarkan suatu konsep yang sangat berbeda dengan album2 sebelumnya…sebenarnya bukan konsep sih. Konsep sama…cuman hasil..ya…hasil yang di produksi pada album ini jauh bagusnya dibanding album sebelumnya dimana album yang sebelumnya bagi saya tidak berkesan….bahkan membingungkan dan membosankan. Saya seperti berpikir…Erick dan Jocoby mau bikin apa sebenarnya.
Tapi pada album ini Erick ga tau dimana menadapatkan Sean yang berhasil merubah penampilan DoF. Duo gitar mereka bagi saya sangat asik didengar dan juga berbeda dengan karakter band teknikal brutal lainnya. Ini salah satu yang membuat Of What’s to Come selalu diputar di player saya…mereka mempunyai karakter tersendiri dengan mempertahankan cirri khas DoF dan kemudian dipadu dengan konsep modern. Terus terang saya salut dengan hasil pekerjaan mereka kali ini. Dan satu lagi..mereka juga mengubah tema yang di usung dari tadinya konsep Gore menjadi konsep Universe. Apakah ada pengaruh dari Decrepit Birth? Dunno at all……Bagi penggemar DoF…ini adalah recommended!!
Dan bagi penggemar technical brutal death/grind…ini adalah sesuatu yang berbeda…patut dinikmati.

Non Stop Grinding Arts

Score : 9/10

Comments